Gagasan TPS di Bandara Kuala Namu

0
1013

Pungut HitungSumatera Utara telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilu presiden 9 Juli 2014 mendatang. Total DPT di Sumut 9.902.948 orang dan tersebar di 27.378 tempat pemungutan suara (TPS) di 6.017 desa/kelurahan yang ada di Sumut, dengan 4.904.381 pemilih laki-laki dan 4.998.567 pemilih perempuan.

Dalam perbincangan dan diskusi Perludem di Hotel Aston Medan beberapa waktu lalu mengemuka berbagai persoalan terkait dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pipres 2014. Pada kesempatan itu Pimpinan Bawaslu Sumut Bidang Pengawasan Aulia Andri menyampaikan gagasan pembukaan TPS di Bandara Kuala Namu yang lokasinya berada di Kabupaten Deli Serdang.

“Pada tanggal hari H pencoblosan 9 Juli 2014 nanti, jumlah orang yang akan berangkat dan tiba di Bandara Kuala Namu bisa mencapai ribuan orang. Usulan pembukaan TPS di Bandara Kuala Namu sangat memungkinkan,” papar Aulia Andri.

Tidak hanya penumpang yang datang dan akan berangkat, lanjut Aulia Andri tapi pekerja dan karyawan di bandara juga jumlahnya lumayan banyak. Kalau mereka dibiarkan tidak memilih, dikhawatirkan suara mereka dimanfaatkan oknum-oknum tertentu.

Sementara Komisioner KPU Sumut Yulhasni menyampaikan bahwa usulan pembukaan TPS di Bandara Kuala Namu sesungguhnya sudah diajukan ke KPU RI. Sebelumnya, KPU Sumut melalui KPU Deli Serdang telah meminta data jumlah karyawan yang bekerja di Bandara Kuala Namu. Akan tetapi pihak bandara hanya memberikan 300 orang nama karyawannya.

“Padahal, berdasarkan pengamatan kita ada lebih 300 karyawan yang bekerja di sana setiap hari. Keterbukaan informasi tentang jumlah karyawan terkesan ditutup-tutupi. Pembukaan TPS juga memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Kemudian logistik untuk TPS juga harus disiapkan sejak jauh-jauh hari,” papar Yulhasni.

Gagasan pembukaan TPS di Bandara Kuala Namu tetap kita apresiasi, tandas Yulhasni. Akan tetapi untuk Pilpres nanti KPU Sumut mengimbau masyarakat yang hendak bepergian ke luar kota agar menyesuaikan waktu untuk datang ke TPS sebelum berangkat. (Jam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here