KPU Sumut Terima Izin Cuti Gubsu

0
895

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara menerima surat izin cuti Gubsu H Gatot Pujonugroho ST dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, untuk berkampanye di Kota Medan.
Demikian disampaikan Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea, di ruang kerjanya, Selasa (25/3) menjawab pertanyaan wartawan terkait izin cuti pejabat negara yang berkampanye untuk Pemilu anggota DPR dan DPRD 2014. ”KPU Sumut baru menerima surat tersebut dari Mendagri 25 Maret 2014,” ujar Mulia.

Ia menyebutkan, izin cuti kampanye tersebut rencananya diperuntukkan pada Rabu (26/3) dan Kamis (3/4), karena PKS berkampanye di Kota Medan. Surat No.273/1504/SJ serta berdasarkan Undang-Undang No.8/2012 tentang Pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD serta PP No.18/2013, yakni bagi pejabat Negara dalam melakukan kampanye Pemilu harus menjalankan cuti.

“Selama Gubsu H Gatot Pujonugroho menjalankan izin cuti, maka Wagubsu HT Erry Nuradi melaksanakan tugas sehari-hari Gubsu,” katanya. Menjawab pertanyaan, apakah KPU Sumut juga sudah menerima izin cuti kampanye pejabat Negara lainnya, Mulia menyatakan, belum ada. Sedangkan izin cuti kampanye bagi Bupati/Wakil Bupati atau Walikota/Wakil Walikota, dilaporkan ke KPU kabupaten/kota.

Ketika disinggung tentang hasil Pemilukada Deliserdang, Mulia Banurea yang juga sebagai Ketua KPU Deliserdang ini mengatakan masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi. ”Sidang pembacaan putusan MK tersebut dijadwalkan, Rabu (26/3) dan beberapa komisioner sudah berada di Jakarta,” katanya.

Dia juga menegaskan, apapun hasil dari putusan MK, maka KPU akan melaksanakan pleno untuk menjalankan keputusan MK tersebut. Mulia menjelaskan, apapun putusan MK tersebut akan dilaksanakan KPU Deliserdang dengan mengundang seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), seperti Kepolisian, Kejaksaan, Kodim , Bupati/Wakil Bupati, Ketua DPRD Deliserdang, para pasangan Cabup/ Cawabup dan para Tim Sukses (TS).

Saat ini, kata Mulia, komisioner KPU Sumut/KPU Deliserdang yang berada di Jakarta menunggu putusan MK tersebut adalah Yulhasni, Nazir Salim Manik, Bazoka Nainggolan, Agusneidi dan Zakaria Siregar.

Oleh Iskandar Siahaan (medanbisnisdaily.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here