Mahasiswa Bisa Gunakan Formulir A5 untuk Memilih

0
1384

MahasiswaPemilih pemula yang kebanyakan berasal dari pelajar dan mahasiswa dikhawatirkan tidak bisa memilih di daerah asalnya sendiri karena berbagai hal dan alasan. Untuk menghindari hal tersebut, Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga saat ditemui dikantornya Jumat (5/6) mengimbau  pelajar dan mahasiswa yang berasal dari luar kota dapat menggunakan formulir A5, yakni surat keterangan pindah memilih dari daerah asal si pemilih.

Dengan menggunakan formulir A5, lanjut Benget mahasiswa tidak kehilangan hak suara dalam Pemilihan Umum Presiden 2014 yang akan digelar 9 Juli 2014 mendatang.

Namun demikian, apabila pelajar dan mahasiswa yang berasal dari luar kota masih memungkinkan untuk pulang ke kampung halamannya dan memilih di sana itu akan lebih baik. Karena, nama si pemilih terdaftar di DPT dan TPS tempat tinggal asalnya.

“Akan tetapi, tidak tertutup kemungkinan apabila pelajar dan mahasiswa yang tinggal di kota Medan tidak bisa pulang ke kampung halaman untuk mengambil formulir A5, si pemilih bisa mendatangi KPU Kabupaten/Kota tempat dimana si pemilih sekarang kuliah, sekolah atau bekerja untuk melapor dan mendaftar memilih di salah satu TPS yang ada di Medan. Kalau masih bisa pulang dan mengurus sendiri formulir A5 tetap akan lebih baik,” tandasnya.

Di dalam Peraturan KPU Nomor 26 Tahun 2013 dituliskan memberikan kesempatan kepada warga untuk menyampaikan hak pilihnya dengan lebih dulu melapor ke PPS asal, agar
memperoleh formulir A5. Dalam PKP Nomor 26Tahun 2013 dijelaskan bahwa dalam keadaan tertentu sebagaimana dimaksud memberikan suara di TPS lain, pemilih wajib melapor kepada PPS asal untuk memperoleh formulir model A5-KPU dengan menunjukkan KTP atau identitas lain. (Jam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here