KPU Deli Serdang Sarankan Aduan Sengketa Pemilu Langsung ke Panwas atau Bawaslu Sumut

0
8184

279138_620Setelah rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten/kota selesai dan akhirnya dilanjutkan ke tahapan penghitungan suara di tingkat Provinsi. Dan sekarang sedang berlangsung penghitungan tingkat Nasional.

Seperti disampaikan Komisioner KPU Deli Serdang Timo Dahlia, Selasa (29/4) malam bahwa setelah penghitungan dan rapat pleno tingkat kabupaten maupun provinsi kemarin, laporan-laporan tentang sengketa pemilu masih tetap ada.

“Sesuai dengan PKPU Nomor 27 tahun 2013, ada tahapan dalam rekapitulasi. Dimana ketika ada kesalahan penulisan angka dan sebagainya, maka langsung dapat diperbaiki dengan melihat dokumen pembanding yang asli,” papar Timo.

Khusus untuk tahapan rekapitulasi di kabupaten, lanjut Timo Dahlia tidak ada saksi partai yang membawa dokumen pembanding yang asli sehingga rekapitulasi tetap berjalan sebagaimana mestinya dan dilanjutkan ke tingkat provinsi.

“Karena tahapan sekarang berada di tingkat nasional, kami menyarankan agar semua tuntutan yang masuk berkaitan dengan sengketa hasil pemilu dilaporkan ke Bawaslu Sumut atau Panwas Kabupaten Deli Serdang,” tegasnya.

Ketika laporan itu diproses dan ditanggapi oleh Panwas dan Bawasli, papar Timo berarti apapun rekomendasi Bawaslu/Panwas dari hasil laporan itu, KPU Deli Serdang akan melaksnakanakannya.

Terkait dengan tahapan pemutahiran data untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) Juli nanti, tambah Timo, KPU Deli Serdang sudah melakukan Bimtek pemuktahiran data dengan semua PPK dan telah menyerahkan semua data DPT, DPTb, DPK, DPKtb Pileg sebagai DPS untuk di cocokkan dan dilakukan penelitian di lapangan. (Jam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here