Ketua KPU RI Luncurkan Pemilihan Kepala Daerah Kota Medan

0
144

Medan — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) bersama KPU Kota Medan meluncurkan Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Kota Medan pada Selasa, 22 Oktober 2019 di Merdeka Walk, Medan. Peluncuran ini perdana dilaksanakan oleh KPU Kota Medan, salah satu KPU Kabupaten/Kota yang akan menyelengarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 23 September 2020.

Dalam sambutannya, Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan KPU Kota Medan bisa menjadi contoh bagi KPU Kabupaten/Kota lain yang akan menyelenggarakan PIlkada. “Saya melihat trend-nya KPU Kota medan terus naik sejak Pilkada 2016. Dari partisipasi masyarakat 26% pada Pilkada 2016, naik menjadi 56% pada Pilgubsu 2018, dan naik lagi pada Pemilu 2019 menjadi 73%,” jelas Arief Budiman, Selasa (22/10).

Ketua KPU RI mengatakan persiapan KPU dalam Pilkada 2020 sudah dikerjakan dengan baik, seperti saat ini Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dalam tahap revisi. Selanjutnya, Arief berharap tahapan-tahapan berjalan dengan baik dan tepat waktu, sehingga pelaksanaan Pilkada berjalan dengan maksimal.

Ketua KPU Kota Medan Agussyah Damanik mengatakan peluncuran kali ini didesain sederhana dan diselenggarakan di tempat terbuka agar masyarakat Medan mengetahui informasi tentang Pilkada dan diharapkan dapat memicu kenaikan angka partisipasi masyarakat.

Selanjutnya, Agussyah mengatakan KPU Kota Medan mulai fokus kembali mempesiapkan Pilkada Kota Medan. Tahapan yang akan dilakukan setelah ini ialah perekrutan PPK dan PPS secara terbuka bagi seluruh masyarakat Kota Medan yang berminat.

“Kita optimis pilkada nanti dapat berjalan dengan baik, KPU Kota Medan juga terbuka terhadap kritik dan masukan agar dapat bekerja dengan baik, sehingga pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan sukses,” tutup Agussyah.

Peluncuran ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, Ketua KPU Provinsi Sumut Herdensi, Anggota KPU Provinsi Sumut, Ketua DPRD Kota Medan Hasyim SE, Kepala Kesbanglinmas Kota Medan Sulaiman Harahap, Anggota KPU Provinsi Sumut dan Anggota KPU Kota Medan beserta masyarakat Kota Medan.