Jelang Pilkada 2020, KPU Sumut Evaluasi Sipol dan Pelaporan Dana Kampanye

0
101

Medan — Dalam rapat koardinasi yang dilaksanakan di Hotel Arya Duta Medan pada Senin, 14 Oktober 2019, KPU Sumut membahas Evaluasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dan Pelaporan Dana Kampanye dalam Memfasilitasi Proses Tahapan Pilkada Tahun 2020.

Benget M Silitonga, Anggota KPU Provinsi Sumut mengatakan pencalonan adalah tahapan yang paling menguras tenaga sebab KPU harus meneliti dan memverifikasi KTP setiap calon perseorangan. Kemampuan petugas serta sumber daya setiap daerah harus dipersiapkan agar pelaksanaan proses Pilkada 2002 berjalan baik.

Sipol akan memudahkan partai politik dalam mengumpulkan berkas dan juga berfungsi sebagai media yang transparan terhadap kepengurusan partai politik. Selain itu, Sipol juga berguna sebagai arsip digital yang dirancang oleh KPU. Manfaat Sipol bagi KPU tentunya untuk membantu proses verifikasi dan mendeteksi data ganda dalam pencalonan.

Kemudian, Benget mengimbau KPU Kabupaten/Kota agar memahami aturan atau perundang-undangan beserta Peraturan KPU mengenai Sipol dan pelaporan dana kampanye. “Saya juga berharap seluruh KPU Kabupaten/Kota menjaga sikap yang independen kepada seluruh calon peserta Pilkada 2020,” tutur Benget, Senin (14/10).

Rapat ini dihadiri oleh Komisioner KPU Sumut, Sekretariat KPU Sumut, dan perwakilan 23 KPU Kabupaten/Kota penyelenggara Pilkada serentak tahun 2020.