KPU Sumut dan DPRD Asahan Bahas Anggaran Pilkada 2020

0
150

Medan — Tim Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Asahan bertemu dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara membahas perihal anggaran penyelenggaraan pemilihan kepala daerah tahun 2020 di Kabupaten Asahan. Pertemuan ini diselenggarakan di Aula KPU Provinsi Sumatera Utara Medan, 29 Agustus 2019. “Semoga dapat menemukan satu pemahaman terkait kebutuhan penyelenggaraan pilkada di Kabupaten Asahan,” pungkas Plt Sekretaris KPU Provinsi Sumatera Utara Kartinawaty Harahap.

Dalam pertemuan ini Badan Anggaran DPRD Asahan mengajukan beberapa pertanyaan seputar perencanaan anggaran, tahap pencairan, hingga ke pertanggungjawaban penggunaan dana hibah pilkada.

Komisioner KPU Sumut Divisi Hukum Ira Wirtaty menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Kemendagri Nomor 54 Tahun 2019, pencairan dana hibah dilakukan sebanyak tiga kali, dan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) sudah ditandatangani selambat-lambatnya 1 Oktober 2019. Pencairan pertama dapat dilakukan empat belas hari terhitung sejak penandatanganan NPHD.

Ira mengatakan KPU Sumut selalu memastikan perencanaan anggaran oleh KPU Kabupaten/Kota telah diperiksa dan sesuai pedoman anggaran yang ada. “Beberapa hal perlu disamakan agar tidak terjadi miskomunikasi ataupun keraguan bahwa KPU kab/kota tidak efektif dalam menganggarkan,” pungkasnya.

Untuk pertanggungjawaban, daerah akan mendapatkan audit dari BPK sebagai bentuk pertanggungjawaban. KPU Kabupaten/Kota membuat laporan periodik terhadap penggunaan anggaran yang dilaporkan kepada KPU provinsi. “Makanya permendagri nomor 54 mengatur ini, yang memeriksa BPK dan perlakuannya sudah menjadi APBN,” pungkasnya.

Pilkada serentak 2020 ialah agenda nasional yang akan diikuti oleh 23 kabupaten dan kota di Sumatera Utara,  salah satunya Kabupaten Asahan. Syafrial Syah, Komisioner KPU Sumut Divisi Perencanaan berharap pertemuan ini dapat membantu rekan-rekan di Kabupaten Asahan dalam proses perencanaan dan penganggaran pilkada serentak 2020. “Diharapkan berjalan baik tanpa kendala dan menghasilkan pendapat-pendapat yang baru,” tukasnya.