Masyarakat Lubuk Pakam Antusias Saksikan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

0
387

Lubuk Pakam — Masyarakat Lubuk Pakam antusias menyaksikan kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara (putungsura) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara bekerja sama dengan KPU Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan tersebut dilangsungkan di Lapangan Segitiga Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang pada Selasa, 9 April.

Dalam simulasi putungsura ini, KPU kabupaten Deli Serdang membuat konsep simulasi yang unik dimana pemilih memerankan lakon masing-masing sesuai jenis pemilih pada pemilu 2019. Ada yang berperan sebagai pemilih Daftar Pemilih Tetap (DPT) setempat, pemilih Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan ada pula yang berperan sebagai pemilih Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Bak alur sebuah drama, konflik-konfilk ditampilkan dalam simulasi. Seperti saat ditampilkan adegan ketika ada pemilih DPTb yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) namun ia tidak  memiliki formulir A5.

Benget Manahan Silitonga, Angggota KPU Provinsi Sumut Divisi Teknis menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk simulasi sebelum diselenggarakannya bimbingan teknis supaya menambah pemahaman KPPS terhadap rincian proses putungsura nantinya. “Metode simulasi seperti ini paling mudah menambah pemahaman kita, walaupun ini belum simulasi real sesuai jumlah pemilih sebenarnya, masih pemilih lakon,” tuturnya.

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Deli Serdang Timo Dahlia Daulay mengatakan ini merupakan bagian dari pembelajaran untuk anggota KPPS. “Sengaja kita tampilkan ada ‘masalah’ agar mudah diingat,” pungkasnya. Sependapat dengan Benget, ia juga mengatakan bahwa model simulasi tersebut bertujuan menambah kepahaman KPPS terhadap kondisi real di TPS nantinya.

Setelah kegiatan simulasi, panitia membagikan buku pedoman KPPS kepada perwakilan KPPS. Kegiatan simulasi putungsura ini dihadiri oleh perwakilan KPPS se-Kabupaten Deli Serdang, Bawaslu Kabupaten Deli Serdang, dan segenap masyarakat umum Kabupaten Deli Serdang.