Empat Alasan Utama Pemilu Penting dalam Berdemokrasi

0
178

Mandailing Natal — Syafrial Syah, Anggota KPU Provinsi Sumut Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat memaparkan empat alasan utama pentingnya pemilu dalam mewujudkan demokrasi. “Pertama, pemilu memberikan kesempatan kepada setiap warga negara untuk menggunakan hak politiknya,” ujarnya pada Kamis, 4 April di hadapan masyarakat Desa Muara Saladi, Kecamatan Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal.

Saat pemilu dilaksanakan, setiap warga negara berhak menggunakan hak politiknya tanpa intervensi dari pihak mana pun. Kita mempunyai kekuasaan sendiri atas hak politik untuk menentukan pemimpin ataupun wakil rakyat yang sesuai dengan hati nurani masing-masing. “Itulah makna pemilu yang sesungguhnya,” ungkap Syafrial.

Namun begitu, ia mengingatkan warga agar berhati-hati menggunakan hak politik dalam memilih calon presiden dan wakil presiden beserta calon legislatif. Kemudian, jangan mudah tergiur politik uang karena jika ketahuan akan dikenakan sanksi hukum.

Kedua, pemilu menjamin pergantian kepemimpinan secara regular dan damai. Selanjutnya, pemilu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Pemimpin yang dipilih berdasarkan visi misi yang sesuai dengan tujuan hidup rakyat banyak akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. “Pilihlah pemimpin yang jujur, mempunyai visi dan misi untuk memajukan daerah, serta sesuai dengan hati nurani,” papar Syafrial.

Alasan keempat pentingnya pemilu adalah untuk mempertahankan kedaulatan rakyat dan tetap tegaknya negara.

Oleh karena itu, dalam acara Sosialisasi Pendidikan Memilih di Daerah Rawan Bencana Alam di Desa Muara Saladi, Mandailing Natal ini Syafrial mengimbau warga agar menggunakan hak pilihnya pada Rabu, 17 April 2019. “Datang ke TPS mulai dari jam 7 pagi sampai jam 1 siang,” tutupnya.

Acara ini juga dihadiri oleh KPU Mandailing Natal, PPK, PPS, dan KPPS Kecamatan Ulu Pungkut.