KPU Sumut Paparkan Bentuk Fasilitasi Kepala Daerah Kabupaten/Kota untuk Sukseskan Pemilu 2019

0
191

Medan — Ira Hartaty, Anggota KPU Provinsi Sumatera Utara Divisi Hukum menyampaikan hal-hal yang dapat dilakukan oleh kepala daerah dalam rangka membantu berjalannya pemilu 2019. Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Calon Legislatif Pemilu 2019 pada Kamis, 4 April di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Utara.

Di antaranya pemerintah daerah diharapkan selama masa-masa penghitungan agar dapat mengurangi kegiatan-kegiatan yang menggunakan gedung/ruang kecamatan tempat menyimpan logistik surat suara. Mengingat logistik surat suara akan diinapkan di kantor kecamatan, dan penghitungan suara pun dilakukan di ruang yang tersedia di kantor kecamatan. Maka seyogyanya pihak kecamatan meniadakan kegiatan-kegiatan rapat di ruangan-ruangan tersebut. “Setidaknya butuh empat ruangan untuk melaksanakan pleno,  dan tidak mungkin logistik diletakkan di luar,” kata Ira.

Ira juga menyampaikan supaya pemerintah daerah melalui kepala daerah dapat menyediakan gudang penyimpanan khususnya di daerah kecamatan. Juga supaya linmas diberi atribut penanda dan tidak boleh terlihat sebagai pendukung pihak tertentu.

Kebutuhan lainnya yaitu, agar pemerintah daerah membantu koordinasi dengan PLN agar menjaga pasokan listrik, terutama di daerah yang pasokan listriknya kurang atau bahkan tidak memiliki aliran listrik sama sekali.