Rakor Pra Pemilu KPU Sumut dengan Gubernur dan Kepala Daerah se-Sumut

0
144

Medan — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara memaparkan alur proses pemungutan suara hingga penghitungan suara di hadapan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi serta Bupati dan Walikota se-Sumatera utara. Hal ini dilakukan sebagai bentuk laporan kesiapan KPU menghadapi pemilu serentak 17 april 2019 yang tinggal tiga belas hari lagi.

Benget Manahan Silitonga, Anggota KPU Sumut Divisi Teknis mengatakan semua proses pemungutan suara hingga penghitungan dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku, dan KPPS telah diberikan bimbingan teknis untuk melakukan proses tersebut sesuai peraturan KPU (PKPU) yang telah ditetapkan.

Ia menjelaskan bentuk denah TPS, denah proses penghitungan suara, jadwal kegiatan penghitungan suara, dan semua proses dalam TPS yang berkaitan dengan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara dapat diawasi dengan seksama oleh pihak-pihak pengawas baik saksi-saksi maupun tim pemantau TPS.

“Ini penting supaya tidak muncul prasangka akan adanya kemungkinan-kemungkinan kecurangan oleh penyelenggara (KPPS),” ujar Benget.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh Gubernur, Bupati, dan Wali Kota se-Sumatera Utara, Bawaslu, Disdukcapil, PLN dan lainnya. Acara ini diselenggarakan di Kantor Gubernur Sumatera Utara pada 4 April 2019.