Lewat Mural, KPU Sumut Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih pada 17 April

0
243
Foto: www.tribunmedan.com

Medan – Ada yang berbeda di sepanjang jalan menuju Plaza Medan Fair, banyak masyarakat berkumpul melihat anak muda melukis mural di sepanjang tembok menuju Plaza Medan Fair.

“Mural Pemilu Competation 2019 ini merupakan kompetisi yang dilaksanakan oleh KPU Sumatera Utara dengan mengusung tema Perangi Hoax, Anti Golput, Anti Politik Uang dan SARA,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara, Yulhasni, Minggu (24/3).

Yulhasni mengatakan kompetisi ini dilaksanakan KPU Sumut guna mensosialisasikan kepada masyarakat Sumut terutama kota Medan untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu April mendatang. “Kenapa kita menggunakan mural, karena selain sebagai sosialisasi pemilu, kita mengajak anak muda yang umumnya mencintai mural untuk berpartisipasi mengkampanyekan pemilu mendatang,” ujarnya.

Ia mengatakan jalur menuju plaza Medan Fair merupakan tempat yang strategis karena banyak dilintasi oleh warga Medan setiap hari.

“Lukisan ini ada sampai 30 Mei, jadi beberapa hari menuju pemilu, mural ini berperan untuk mengkampanyekan pemilu yang damai, anti hoax, sara, maupun money politik, sekalian juga para anak muda yang ikut disini secara tidak langsung ikut bersosialisasi dan bertanggung jawab atas apa yang mereka gambar,” ujarnya.

Lebih dari 50 kelompok berkompetisi dalam lomba ini, sebagian besar berasal dari berbagai Komunitas Mural di kota Medan dan pribadi.

“Satu tim maksimal 3 orang dan selain mural kita juga menghadirkan hiburan seperti Musik, Body Painting, games dan KPU Corner,” ujarnya.

Acara yang sudah berlangsung sejak pukul 09.00 ink akan berakhir di 21.00.

“Selain ketiga tema tersebut, para peserta juga bebas mengkampanyekan jumlah partai politik, pasangan calon presiden, namun kalau mereka menggambar calon atau parpol tertentu harus sebanding, tidak bokeh hanya menggambar satu calon atau satu parpol saja, ada juga menggambar 5 jenis surat suara dan lainnya,” pungkasnya.

.

.
Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul KPU Sumut Sosialisasi Pemilu 2019 Lewat Kompetisi Mural, http://medan.tribunnews.com/2019/03/24/kpu-sumut-sosialisasi-pemilu-2019-lewat-kompetisi-mural.
Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Feriansyah Nasution