Pers Berperan Besar Tingkatkan Partisipasi Pemilih

0
273

Medan — Syafrial Syah, Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Parmas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengatakan pers saat ini berperan besar meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. “Untuk itu kita meminta peran serta pers dalam mensosialisasikan setiap tahapan pemilu kepada masyarakat,” katanya dalam acara Diskusi Hari Pers Nasional bertajuk Peran Serta Pers dalam Meningkatkan Pemilih pada Pemilu 2019, Rabu, (12/2) di Aula KPU Sumut.

Dalam diskusi ini, Syafrial menyampaikan bahwa pers diibaratkan sebagai ujung tombak penyelenggara pemilu untuk menyampaikan sosialisasi tentang pemilu, baik secara dalam jaringan (daring) maupun cetak. “Kita berharap kerja sama yang besar agar tercapai target partisipasi masyarakat di Sumut sebesar 70%,” ujarnya.

Strategi sosialisasi yang dilaksanakan pers ialah metode above the line yakni pemanfaatan media yang memiliki interaksi tidak langsung dengan audiens namun jangkauannya luas dan beragam. Fungsinya untuk menyampaikan pesan demokrasi tentang pentingnya pemilu hingga cara menggunakan hak pilih pada hari pemungutan suara.

Tambah Syafrial, peran serta pers dalam menyampaikan sosialiasasi ini juga diatur dalam PKPU nomor 10 Tahun 2018 tentang sosialisasi, pendidikan pemilih, dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu. Dalam peraturan disebutkan bahwa pers termasuk salah satu pemangku kepentingan pelaksana sosialisasi pemilu selain organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, lembaga pendidikan, kelompok adat, badan hukum, dan setiap warga negara Indonesia.