Peringati Hari Pers Nasional, KPU Sumut Gelar Diskusi Pemilu bersama Wartawan

0
47

Medan — Memperingati Hari Pers Nasional pada 9 Februari, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengadakan acara Diskusi Hari Pers Nasional bertajuk Peran Serta Pers dalam Meningkatkan Pemilih pada Pemilu 2019 pada Rabu, (12/2) di Aula KPU Sumut. Acara ini dihadiri oleh pokja wartawan unit KPU Sumut beserta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut.

Syafrial Syah, Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Parmas KPU Sumut mengatakan dalam memperingati hari pers nasional, KPU Sumut mengimbau pers agar turut serta meningkatkan partisipasi masyarakat dengan menyebarkan informasi seputar pemilu sebagai bentuk sosialiasi kepada masyarakat.

Pada Pemilu 2019, target parmas nasional ialah 75%. Target partisipasi ini ditetapkan berdasarkan data parmas nasional pada Pemilu 2014 sebesar 74%. Dalam pilgubsu 2018, parmas di Sumut mencapai 63%. “Berangkat dari proses itulah kami dari penyelenggara pemilu ingin menargetkan parmas sebesar 70%,” ujar Syafrial.

Dalam meningkatkan parmas, KPU Sumut telah melaksanakan beragam kegiatan sosialisasi mulai dari program pendidikan pemilih melalui relawan demokrasi (relasi), rumah pintar pemilu, hingga sosialisasi ke basis-basis masyarakat seperti kaum perempuan, pemilih pemula, tokoh masyarakat, dan pemilih disabilitas.

Sosialisasi ini tentu akan efektif jika pers juga turut meliput dan menginformasikan kegiatan tersebut kepada masyarakat. Termasuk informasi terkait pendidikan pemilih Pemilu 2019. Peran pers di Sumut ini diharapkan dapat mempengaruhi peningkatan parmas agar tercapai target sebesar 70%.