KPU Sumut Gelar Rakor Penyusunan DPK Tahap II dan DPTb Pemilu 2019

0
295
Rapat Koordinasi Penyusunan DPK Tahap II dan DPTb Pemilu 2019 pada Senin, 11 Februari di Hotel Emerald.

Medan — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar rapat koordinasi Penyusunan DPK Tahap II dan DPTb Pemilu 2019 di Hotel Emerald Garden, Medan. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada 11 dan 12 Februari 2019.

Ketua KPU Sumut Yulhasni mengatakan, selain menyusun Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), rapat ini digelar untuk memastikan bahwa hak konstitusi warga Sumut yang sudah memenuhi syarat terakomodir dalam daftar pemilih di Sumut. “Masih ada masyarakat yang belum terakomodir hak politiknya dan belum terdaftar sebagai pemilih, terutama penghuni lapas dan rutan,” jelas Yulhasni, Senin (11/2) di Hotel Emerald Garden.

Selain warga binaan di lapas, penyusunan DPK dan DPTb kali ini berbeda dari pemilu legislatif 2014. Pada pemilu 2014 seluruh warga yang termasuk dalam DPK hanya memilih di Hari H pada jam 12.00-13.00 WIB. Sementara pada pemilu kali ini KPU menyusun DPK untuk dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Konsekuensinya akan terjadi perubahan jumlah DPTb dan perbaikan DPT.

Yulhasni juga meminta KPU Kabupaten/Kota untuk terus melaksanakan sosialiasi ke instansi terkait, terutama perguruan tinggi dan perusahaan yang pekerja-nya kebanyakan tidak berdomisili di daerah tersebut. Di tingkat nasional, pengurusan A5 paling lama 30 hari menjelang Pemilu 2019, namun di Sumut dibatasi hingga 17 Februari agar proses perbaikan DPTb singkron dari setiap daerah.

Acara ini dihadiri oleh 33 Anggota KPU Kabupaten/Kota Divisi Perencanaan dan Data beserta Kasubbag Program dan Data. Sementara hari kedua akan dihadiri oleh Bawaslu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, beserta Ka. Lapas dan Rutan se-Sumatera Utara.