H-69 Jelang Pemilu 2019, KPU Sumut Jalin Konsolidasi dengan Pemprovsu

0
319
Ketua KPU Sumut Yulhasni sedang berdialog dengan Sekda Sabrina membahas Pemilu 2019.

Medan — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Utara) mengunjungi pemerintahan provinsi Sumut (pemprovsu) untuk menjalin konsolidasi terkait persiapan penyelenggaraan Pemilu 2019. Konsolidasi ini dilaksanakan bersama Sekretaris Daerah Pemprovsu Sabrina beserta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Kamis (7/2) di Kantor Gubernur Sumut.

Dalam pertemuan ini, Ketua KPU Sumut Yulhasni menjelaskan tahapan Pemilu 2019 yang sedang berlangsung saat ini. Di antaranya pendistribusian logistik surat suara ke KPU kabupaten/kota, penyusunan daftar pemilih tambahan (DPTb), Daftar Pemilih Khusus (DPK), dan perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

KPU Sumut meminta pemrovsu memberikan dukungan dalam bentuk fasilitas maupun anggaran untuk mendukung tahapan yang sedang berlangsung. “Misalnya untuk akses dan transportasi pendistribusian logistik ke daerah-daerah terluar seperti Kepulauan Nias, KPU butuh sokongan transportasi seperti kapal/perahu dari pemerintahan daerah,” terang Yulhasni.

Terkait kampanye, KPU juga membutuhkan usaha dari pemerintah daerah untuk menertibkan alat peraga kampanye oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Selain itu juga dukungan untuk memaksimalkan sosialisasi tentang tata cara pindah memilih, ketentuan undangan memilih (C6), dan tahapan-tahapan pemilu yang perlu diketahui masyarakat. “Seperti bantuan dana sosialisasi spanduk tata cara pindah memilih yang sudah kita dapatkan dari Kesbangpolsu,” tambah Yulhasni.

Sekretaris Daerah Pemrovsu Sabrina menyambut baik langkah KPU Sumut untuk meminta dukungan pemerintah daerah dalam menyukseskan Pemilu 2019. Untuk itu pemrovsu berjanji akan membantu KPU Sumut seperti memberi dukungan trasnportasi, akses jalan, izin, pengamanan, hingga anggaran kegiatan. “Kita sepakat akan mensukseskan pemilu 2019. Untuk itu mari kita jalin sinergisitas agar pesta demokrasi berjalan dengan sukses dan meriah,” ujar Sabrina sambil menutup diskusi.