KPU Sumut Sosialisasikan Penyusunan Daftar Pemilih Tambahan ke Peserta Pemilu

0
267

Medan — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sosialisasikan penyusunan daftar pemilih tambahan kepada partai politik, tim kemenangan presiden dan wakil presiden, beserta peserta pemilu. Sosialisasi ini dilaksanakan dalam acara Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Khusus (DPK), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Perbaikan DPT pada Kamis, (7/2) di Aula KPU Sumut.

Ketua KPU Sumut Yulhasni mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk menginformasikan perkembangan penyusunan DPK, DPTb, dan perbaikan DPT kepada peserta pemilu. Saat ini masih ada warga yang sudah bisa memilih namun masih belum terdaftar sebagai pemilih karena kendala tertentu. Hal ini terjadi pada penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) atau rumah tahanan (rutan) karena proses perekaman KTP elektronik di lapas/rutan sebagai syarat untuk terdaftar sebagai pemilih sampai saat ini belum selesai. Padahal pemilh rutan/lapas termasuk dalam DPTb yang datanya saat ini sedang diperbaiki oleh KPU.

Selain soal daftar pemilih, KPU Sumut juga menyampaikan informasi terkait distribusi logistik yang kini sedang dalam proses distribusi/pengiriman surat suara ke KPU Kabupaten/Kota. Yulhasni berharap peserta yang hadir turut berpartisipasi menyampaikan informasi terkait DPK, DPTb, dan perbaikan DPT kepada masyarakat. Partisipasi ini diharapkan dapat meningkatkan keakuratan data pemilih Sumut dan terlindunginya hak pilih warga.

Acara ini dihadiri oleh anggota KPU Sumut, pimpinan partai politik, tim kemenangan presiden dan wakil presiden, tim kemenangan calon DPD, Bawaslu, dan Disdukcapil.