Pahami Materi, Peserta Bimtek SIPP II Jalani Simulasi

0
36

Kendari, kpu.go.id – Usai mendapat materi seputar Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP), para peserta bimbingan teknis (bimtek) gelombang II mengikuti kegiatan simulasi. Selama kegiatan berlangsung, para peserta yang merupakan anggota serta operator Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat provinsi dan kabupaten/kota ini kemudian mendapat peran sebagai penyelenggara maupun calon perseorangan atau calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Laiknya situasi sebenarnya, mereka yang berperan sebagai calon Anggota DPD kemudian menyerahkan syarat pencalonan berupa fotokopi KTP dan daftar dukungan berdasarkan persebaran minimal 50 persen di kabupaten/kota. Peserta yang berperan sebagai penyelenggara pemilu pun kemudian memeriksa kelengkapan syarat sekaligus melakukan penelitian administrasi.

Apabila hasil pemeriksaan memutuskan lengkap dan memenuhi syarat, maka penyelenggara pemilu melanjutkan proses ke tahap verifikasi faktual guna memastikan kebenaran data yang diberikan. Namun, jika persyaratan dinyatakan belum lengkap, maka dokumen dikembalikan untuk kemudian dilengkapi.

Dalam simulasi yang digelar di Hotel Clarion, Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (21/3/2018) ini juga diperagakan ada calon perseorangan (DPD) yang tidak terima syarat pencalonannya dinyatakan belum lengkap. Bahkan untuk memunculkan situasi seperti sesungguhnya, disisipkan skenario seolah ada provokasi yang dilakukan oleh calon anggota perseorangan kepada penyelenggara.

Namun hal itu tidak berhasil dilakukan sebab KPU tetap bersikap profesional menghadapi situasi ini dengan mengedepankan penjelasan yang lengkap dan terang kepada calon. Sehingga proses penyerahan dukungan bisa kembali normal. (hupmas bili/FOTO ieam/ed diR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here