KPU Sumut Jajaki Kerjasama dengan Fakultas Ushuluddin UIN SU

0
885

Fakultas Ushuluddin UIN SUMEDAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut jajaki kerjasama dengan Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut). Kerjasama tersebut antara lain dalam proses peningkatan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan Pilkada 2015. Hal tersebut tertuang dalam pertemuan antara KPU Sumut dengan unsur pimpinan Fakultas Ushuluddin UINSU, Jumat (30/10) kemarin. Hadir dalam pertemuan tersebut Ketua KPU Sumut Mulia Banurea, Anggota KPU Sumut Yulhasni, Hj Evi Novida Ginting, dan Sekretaris KPU Sumut DR Abdul Rajab Pasaribu. Rombongan Fakultas Ushuluddin dipimpin langsung Dekan DR Dahlia Lubis MAg, Wakil Dekan III Adenan MA dan sejumlah staf pengajar.
Ketua KPU Sumut Mulia Banurea menjelaskan, KPU Sumut menyambut baik rencana kerjasama dengan perguruan tinggi. ‘’Kita menilai bahwa kampus adalah mitra strategis yang dapat menjadi kekuatan dalam meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya pada Pilkada 2015 nanti,’’ujar Mulia Banurea.
Dijelaskan Mulia Banurea, ada lima segmentasi yakni kelompok marginal, disabilitas, keagamaan, dan pemilih pemula merupakan titik sasaran penting yang dituju KPU secara nasional dalam usaha meningkatkan partisipasi pemilih. Menurutnya, proses tersebut salah satunya melibatkan kalangan perguruan tinggi.
Sementara itu Koordinator Divisi Data dan Sosialiasi Yulhasni mengatakan, KPU Sumut dipercaya oleh KPU RI untuk membentuk rumah pintar pemilu. Konsep tersebut, terang Yulhasni, salah satunya akan melibatkan perguruan tinggi. ‘’Di rumah pintar pemilu tersebut nanti akan ada ruang diskusi. Kita berharap Fakultas Ushuluddin UINSU bisa terlibat dalam program tersebut,’’kata Yulhasni.
Anggota KPU Sumut lainnya, Evi Novida Ginting mengatakan, perguruan tinggi dapat menjadi mitra penting dalam usaha KPU menjalankan kelembagaan yang berintegritas, jujur, adil, dan mandiri.
Sementara itu Dekan Dahlia Lubis mengatakan mereka membutuhkan KPU Sumut dalam bermitra untuk meningkatkan kapasitas civitas akademika Fakultas Ushuluddin UINSU. ‘’Apalagi sekarang ada mata kuliah Politik Islam yang dapat diimplementasikan dalam Pilkada 2015,’’kata Dahlia Lubis. Dikatakan Dahlia Lubis, sebagai lembaga pendidikan tinggi, Fakultas Ushuluddin UINSU perlu bermitra dengan KPU Sumut untuk meningkatkan akreditasi perguruan tinggi. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here