KPU Gelar Bimtek Dana Kampanye dan Mutarlih

0
705
Bimtek Dana Kampanye di Hotel Polonia (11 Juli)
BIMTEK : KPU Sumut menggelar bimbingan teknis dana kampanye dan pemutakhiran data pemilih di Hotel Polonia Medan. (kpu sumut/marizka irsanya)

MEDAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Jumat-Sabtu (11-12 Juli 2015) kemarin menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Pelayanan dan Fasilitasi Pelaporan Dana Kampanye serta Pemutakhiran Data Pemilih. Kegiatan yang dibuka Ketua KPU Sumut Mulia Banurea tersebut digelar di Hotel Polonia Medan dan dihadiri 23 KPU Kab/Kota se-Sumatera Utara.

Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea mengharapkan agar peserta bimtek serius memperhatikan segala materi yang disampaikan. ‘’Bimbingan teknis ini bertujuan meningkatkan kapasitas KPU Kabupaten/Kota dalam menjalankan aktifitas pelayanan dana kampanye. Dengan demikian calon kepala daerah yang akan memberikan laporan dana kampanye tidak mengalami kesulitan ketika berurusan dengan KPU,’’ujar Mulia.

Sementara itu, Anggota KPU Divisi Data, Sosialisasi dan Hupmas, Yulhasni dalam materinya mengingatkan seluruh KPU Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah agar betul-betul memonitoring proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang akan segera berlangsung. ‘’Pastikan sebelum PPDP melakukan coklit, mereka harus membawa seluruh perangkat dan alat yang dibutuhkan. Jangan sampai ke lapangan, mereka lupa membawa formulir A-KWK (formulir yang berisi data pemilih hasil sinkronisasi,-red),’’ujar Yulhasni.

Dijelaskan Yulhasni, KPU Sumut akan meminta laporan setiap pekan progress coklit yang dilakukan PPDP di lapangan. Oleh karena itu, kata Yulhasni, KPU Kabupaten/Kota agar betul-betul memastikan PPK dan PPS juga melakukan monitoring. ‘’Ingat, masa coklit tanggal 15 Juli-19 Agustus 2015 akan terpotong masa Hari Raya Idul Fitri. Jadi efektifkan kerja-kerja PPDP di lapangan,’’tandas Yulhasni.

Sementara itu Anggota KPU Sumut Divisi Hukum, Evi Novida Ginting dalam materinya menyatakan semua sumbangan untuk pasangan calon harus sah menurut hukum dan sumber dana kampanye itu bisa berupa uang, barang maupun jasa.

Hadir pada kegiatan tersebut Anggota KPU Sumut Benget M Silitonga, Nazir Salim Manik, Sekretaris KPU Sumut Abd Rajab Pasaribu, Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Hupmas Maruli Pasaribu, dan jajaran sekretariat KPU Sumut. (kpu sumut/marizka irsanya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here