KPU Serdang Bedagai Sosialisai UU Pilkada ke PN Tebingtinggi

0
811

 

KPU Sergai
Ketua KPU Serdang Bedagai HM Sofian menyerahkan Piagam Penghargaan KPU RI kepada Ketua PN Tebing Tinggi Riana br Pohan di ruang kerjanya. (foto : media center kpu serdang bedagai)

TEBINGTINGGI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Serdang Bedagai terus melakukan sosialisasi UU No 8 Tahun 2015 tentang Pemilukada. Selasa (24/3) kemarin, rombongan KPU Serdang Bedagai dipimpin Ketua HM Sofyan didampingi Anggota KPU Sergei Muhammad Rizwan, Edi Susilo, dan Anda Radiansyah mengadakan pertemuan dengan Ketua PN Tebing Tinggi, Riana br Pohan. Ikut serta dalam rombongan Kasubag Teknis Penyelenggara Valerius Aritonang.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua KPU Serdang Bedagai HM Sofian mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dalam menyambut Pemilukada di daerah tersebut. ‘’Kita diskusikan khusus draft PKPU yang terkait peran Pengadilan Negeri dalam Pemilukada,’’ujar HM Sofian. Dijelaskan HM Sofian, dalam draft PKPU khusus Bab III tentang persyaratan calon dan pencalonan gubernur, bupati, dan walikota. Dalam pasal 41, jelas HM Sofian, ada beberapa poin penting yang mereka sampaikan kepada Ketua PN Tebing Tinggi. ‘’Pada pasal 41 ayat d berbunyi bahwa calon tidak sedang memiliki tanggungan utang secara perseorangan dan/atau secara badan hukum yang dibuktikan dengan ketetapan pengadilan,’’kata Sofian.

Berkaitan dengan hal itu, Ketua PN Tebing Tinggi Riana br Pohan mengatakan, pihaknya perlu waktu untuk mempelajari lebih lanjut. ‘’Mengingat masalah utang piutang, selama tidak menyangkut kasus perdata ataupun pidana bukan merupakan wewenang pihak Pengadilan Negeri,’’ujar Riana br Pohan. Selain itu, tambahnya, PN Tebing Tinggi juga akan menyurati Mahkamah Agung untuk meminta fatwa hukum terkait hal tersebut.

Dalam kunjugan ke PN Tebing Tinggi tersebut, KPU Serdang Bedagai juga menyerahkan buku profil Anggota DPRD Serdang Bedagai 2014 dan piagam penghargaaan dari KPU RI. (media center kpu serdang bedagai)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here