Persiapan Pilkada, KPU Sumut Hadiri Rakor di Bawaslu

0
10052
Rakor Bawaslu KPU
Komisioner KPU Sumut Divisi Hukum Evi Novida Ginting menghadiri Rapat Kordinasi Persiapan Pilkada di 23 Kabupaten/Kota di Sumut. Rapat digelar di Kantor Bawaslu Sumut Jalan Sei Bahorok Medan. (foto : dokumentasi KPU Sumut)

MEDAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut melalui Koordinator Divisi Hukum Evi Novida Ginting menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada di Sumut. Rapat koordinasi tersebut diadakan di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumut Jalan Sei Bahorok Medan, Rabu pecan lalu. Selain KPU Sumut, juga hadir Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Sumut Maruli Pasaribu, Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Sumut Harry Dharma Putra. Sementara dari Bawaslu Sumut hadir Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan, dan Anggota Bawaslu Sumut Aulia Andiri dan Hardi Munthe. Sementara dari Pemprovsu hadir perwakilan dari Kaban Kesbangpolinmas Sumut Ahmad Firdausi Hutasuhut.

Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan yang membuka kegiatan tersebut mengatakan rapat koordinasi tersebut membahas persiapan penyelenggaraan Pilkada di 23 Kabupaten/Kota di Sumut.

Evi Novida Ginting menyampaikan bahwa Pilkada di Sumut akan dilaksanakan di 23 Kabupaten/Kota. ‘’Untuk 7 Kabupaten/Kota kita masih menunggu payung hukum dari Mendagri soal penganggaran,’’kata Evi Novida Ginting.

Evi Novida Ginting menambahkan, KPU Kabupaten/Kota sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah masing-masing terkait data penduduk dan DP4 yang akan digunakan oleh KPU untuk menetapkan syarat minimal dukungan bagi calon perseorangan dan sebagai sumber data pemutakhiran data pemilih. Ia juga menambahkan KPU Sumut telah mengarahkan KPU Kabupaten/Kota untuk melakukan evaluasi terhadap PPK dan PPS pada Pileg dan Pilpres 2014 dan memperhatikan rekomendasi Panwaslu pada Pileg dan Pilpres 2014. ‘’Kita juga sudah melakukan supervisi ke Kabupaten/Kota sesuai dengan Surat Edaran KPU RI yang meminta laporan terkait kegiatan Rakor yang telah dilakukan KPU Kabupaten/Kota dengan mitra kerjanya,’’ujar Evi. (red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here