KPU Sosialisasi UU Pilkada di Radio Lite FM

0
1168
Berita di Lite FM
Anggota KPU Sumut Divisi Hukum dan Pengawasan, Evi Novida Ginting menjadi nasarasumber dalam Dialog Interaktif ”Menuju Pilkada Sumut” yang diadakan Radio Lite FM Medan. (foto : dokumentasi KPU Sumut)

MEDAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara terus menggelar berbagai sosialisasi terkait telah disahkannya Undan-undang No 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

Koordinator Divisi Hukum KPU Sumut, Evi Novida Ginting, Sabtu kemarin diundang untuk sosialisasi UU Pilkada di Stasion Radio Lite FM Medan. Selain KPU Sumut, dalam siaran bertajuk dialog interaktif ‘’Menuju Pilkada di Sumut’’ itu, hadir juga pembicara Sekretaris DPW Nasdem Sumut Iskandar ST, Ketua Pusat Kajian Kebijakan DPD Partai Demokrat Sumut Bahdin Nur Tanjung, dan Ketua Pemuda Mitra Kantibmas (PMK) Sumut Rajamin Sirait.

Evi Novida Ginting dalam paparannya menjelaskan beberapa perubahan terkait UU No 1 Tahun 2015 tersebut. ‘’Salah satu perubahan yang penting yakni pasangan kepala daerah yang merupakan paket pasangan,’’jelas Evi. Selain itu, ujarnya, perubahan lain adalah sistem pemilihan dengan satu putaran, pengusulan calon oleh partai politik dan gabungan partai politik harus memenuhi syarat 20 % untuk kursi DPRD dan 25% untuk perolehan suara. ‘’Sedangkan untuk calon perseorangan harus memenuhi syarat minimal dukungan berkisar 6,5% -10 %,’’jelasnya.

Selanjutnya dalam dialog yang dipandu penyiar Lite FM Pieter Manoppo itu, Evi Novida Ginting menjelaskan bahwa Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak mempunyai tugas lagi dalam melakukan rekapitulasi suara. ‘’Jadi setelah penghitungan di TPS, langsung dibawa ke PPK,’’ujarnya. Dijelaskan Evi Novida Ginting lagi, pada Pilkada kali ini, sengketa hasil tidak diselesaikan oleh Mahkamah Agung tetapi oleh Mahkamah Konstitusi.

Dialog itu sendiri mendapat tanggapan pendengar Lite FM. Pendengar umumnya berharap agar pelaksanaan Pilkada di 23 Kabupaten/Kota di Sumut dapat berjalan baik dan KPU bisa berperan aktif membuat pilkada berjalan efektif. Khusus kepada KPU Sumut, salah seorang pendengar berharap agar rekruitmen PPK, PPS, dan KPPS dipilih orang-orang yang berintegritas. (red)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here