KPU Sumut Minta KPU Kab/Kota Pedomi SE 42

0
1022

MULIAMEDAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara mengintruksikan kepada KPU Kabupaten/Kota agar mempedomi Surat Edaran Ketua KPU RI No 42/KPU/I/2015. Surat Edaran tersebut terkait dengan Persiapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur, Bupati, dan Walikota di Seluruh Indonesia. Ketua KPU Sumut , Mulia Banurea dalam keterangan persnya mengatakan, SE 42 tersebut dikeluarkan KPU RI pasca Rapat Dengar Pendapat (RDP) KPU RI dengan Komisi II DPR RI pada 22 Januari 2015. ‘’Hasil dari RDP itu sudah diketahui bahwa KPU RI menumpuh kebijakan untuk melanjutkan Tahapan Persiapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur, Bupati, dan Walikota,’’papar Mulia.

Dikatakan Mulia Banurea, berdasarkan SE 42 tersebut maka KPU Sumut mengintruksikan kepada KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah di 2015 agar memperhatikan beberapa hal. Poin penting dari SE 42 itu sendiri, kata Mulia antara lain agar KPU Kabupaten/Kota agar melaksanakan tahapan Pilkada yakni menyusun program dan anggaran, merancang Keputusan KPU Kabupaten/Kota. ‘’Yang paling penting untuk diperhatikan juga agar KPU Kabupaten/Kota segera melakukan sosialisasi kepada pemangku kepentingan utama pemilihan guna memberikan penjelasan kebijakan KPU terkait Pilkada,’’jelasnya.

Dalam konteks inilah, kata Mulia Banurea lagi, KPU Sumut terus menerus melakukan berbagai kegiatan terkait dengan tugas dan wewenang KPU Sumut dalam pelaksanaan Pilkada di 14 Kabupaten/Kota di Sumut.

Secara terpisah, Koordinator Divisi Sosialisasi dan Data KPU Sumut, Yulhasni mengatakan, pihaknya telah merancang berbagai agenda penting terkait dengan pelaksanaan Pilkada. ‘’Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan pelatihan pengelolaan website di seluruh KPU di Sumut,’’kata Yulhasni. Langkah itu tersebut kata Yulhasni dilaksanakan agar KPU Kabupaten/Kota bisa memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pilkada di masing-masing daerah. (red)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here