Puluhan Massa Demo Lagi di KPU Sumut

0
1336
Demo di KPU Sumut
Demo di KPU Sumut

Puluhan massa yang tergabung dalam Garda Nusantara Sumatera Utara dan Pemuda Muslimin Kota Medan melakukan aksi di depan kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan, Rabu (6/8) setelah sebelumnya mereka melakukan aksi di Bundaran Majestik Jalan Gatot Subroto Medan kemudian berjalan long march menuju kantor KPU Sumut.

Massa yang mendatangi KPU Sumut meletakkan replika kuburan dan karangan bunga sebagai pertanda matinya demokrasi di negeri ini. Batu nisan bertuliskan ‘Makam Demokrasi’ sebagai bentuk kekesalan massa atas banyaknya kecuranga yang terjadi dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2014.

Dalam orasinya, Pimpinan Aksi Rico Purba menyampaikan bahwa Pilpres telah berlangsung namun KPU dengan sengaja telah melakukan pembiaran-pembiaran kecurangan yang terjadi selama berlangsungnya pemungutan suara. Persoalan yang direkomendasikan Panwaslu Nias Selatan atas kecurangan yang terjadi tidak digubris oleh KPU Nisel dan KPU Sumut yang berujung menjadi polemik nasional pada saat Pleno KPU RI 22 Juli 2014 lalu di Jakarta.

“Pengkhianatan terhadap suara rakyat  ini merupakan bukti matinya demokrasi Indonesia, untuk itu rakyat tak bisa lagi diam dan harus menentukan sikap,” paparnya.

Pernyataan sikap yang dibacakan Rico antara lain Garda Nusantara menolak hasil pleno KPU Pusat karena KPU telah membiarkan Pemilu berlangsung tidak jujur dan adil.  Mereka juga meminta agar jabatan KPU Sumut dan perangkatnya di copot karena telah membiarkan kecurangan.

Menanggapi aksi dan pernyataan sikap Garda Nusantara, Komisioner KPU Sumut Evi Novida Ginting menyampaikan bahwa KPU Sumut telah melakukan semua tahapan sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku.

“Terkait dengan adanya kecurangan yang ada di Nisel, kita serahkan saja kepada Mahkamah Konstitusi yang saat ini sedang melakukan sidang gugatan PHPU yang disampaikan ke MK,” katanya.

Setelah mendengar penjelasan dari Komisioner KPU Sumut, massa yang tergabung dalam Garda Nusantara dan Pemuda Muslimin Nusantara membubarkan diri dan kembali melakukan aksinya ke kantor Bawaslu Sumut di Jalan Sei Bahorok Medan. (Jam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here