Kesalahan Memasukkan Data Menjadi Salah Satu Masalah di Nisel

0
19935
Komisioner KPU Sumut
Komisioner KPU Sumut

Materi gugatan yang diajukan pasangan Prabowo-Hatta di Nias Selatan yakni mengarah pada  banyaknya pendataan yang tidak dilakukan dengan benar oleh petugas di tempat pemungutan suara (TPS). Kasus yang paling sering ditemukan adalah penempatan data pemilih yang terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) menjadi masuk daftar pemilih khusus tambahan (DPKTb), hal ini terjadi karena pemilih tidak membawa formulir C6 (undangan memilih).

Demikian disampaikan Komisioner KPU Sumut Nazir Salim Manik di Medan, Jumat (1/8) lalu. Lebih lanjut Nazir mengakui kalau petugas KPPS salah dalam memasukkan data pemilih yang ada di DPT kedalam DPKTb, padahal namanya terdaftar di DPT. Itu yang dipersoalkan, dan bukan hanya disini (Sumut) saja, tetapi hampir di seluruh provinsi permasalahan serupa selalu mengemuka.

“Sampai sejauh ini, hanya Nias Selatan yang masuk gugatan di MK. Hal ini juga menurutnya berpotensi terjadi pada daerah-daerah lain yang juga melakukan penggabungan beberap TPS seiring bertambahnya jumlah maksimal pemilih per TPS pada Pilpres 2014,” katanya.

KPU Sumut dalam hal ini, lanjut Nazir sudah siap jika harus menjelaskan secara terperinci sumber persoalan hingga harus membuka data Pilpres yang ada di KPU kabupaten/kota. Termasuk jika nantinya materi gugatan terdapat di seluruh daerah di Sumut. Karena, seluruh KPU kabupaten/kota siap untuk memberikan penjelasan. (Jam)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here