Myntra coupons site- fashion shop for casual, footwear,wear kurti, wallet,loafer,fastrack, roadster

top Flipkart coupon voucher code and shop for moto phone,kurtis, new handbag, book,headphone, samsung electronic big order

abof coupons code 2017

promo coupon code for brands like Flipkart, myntra, Amazon, godaddy, Shopclues, pizza hut, dominos and more best deals

Home » Benget  Silitonga

Benget  Silitonga

bengetBenget Silitonga adalah Insinyur  dari Fakultas Teknik Jurusan Elektro Universitas HKBP Nommensen, Medan 1997. Saat mahasiswa, menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa, Universitas HKBP Nommensen Medan (1995-1996). Benget juga Aktif dalam berbagai kelompok studi extra kampus di Medan, antara lain di Forum Komunikasi Nommensen (FKN).

Selepas menyelesaiakan studi S1 tahun 1998-2000, bekerja sebagai  staff Advokasi dan Jaringan di Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sumatera Utara. Dia menangani advokasi dan penguatan anggota dan jaringan, sehingga WALHI Sumatera Utara bisa bangkit menjadi forum  NGO yang cukup dikenal.  Pada periode itu Benget juga aktif dalam mengorganisir masyarakat Porsea dan sekitarnya yang menolak kehadiran PT.Indorayon (sekarang PT.TPL). Sejak tahun 2000 sampai saat ini menjadi anggota  Perhimpunan Bantuan Hukum & Advokasi Rakyat Sumatera Utara (BAKUMSU). Tahun 2001 menjadi koordinator divisi Study dan Advokasi BAKUMSU. Sejak tahun 2009-sekarang, terpilih dan menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif  BAKUMSU. Bidang focus yang ditekuninya selama ini adalah isu demokrasi dan HAM, hukum, politik lokal, serta penguatan masyarakat sipil.

Benget merupakan Partisipan Diplomacy Training Program For Human Rights Defender, Bangkok, Pebruari 2003, yang diselenggarakan oleh Faculty of Law, The University of New South Wales, Australia. Benget juga pernah menjadi  Asisten Peneliti dalam Proyek Riset Sosial Politik  “Proses dan Konteks Demokrasi Pasca Orde Baru”, yang diselenggarakan Perkumpulan Demos 2003-2005.

Selain itu Benget juga merupakan Partisipan  Intensive Short Course for Trainers on Human Rights and Democracy, yang diselenggarakan CESASS UGM, University of Oslo, UII Yogyakarta, dan Ford Foundation, Magelang-Yogyakarta, 2008. Mei-Septmber 2013 menjadi  Key Informan dalam Survey Perkembangan Demokrasi Indonesia, “Power, Welfare, and Democracy” kerjasama UGM dan University of Oslo.

Bersama J. Anto menulis buku “Menolak Menjadi Miskin” Gerakan Perlawanan Rakyat Porsea melawan  “konspirasi Gurita Indorayon, yang diterbitkan BAKUMSU, 2004. Bertindak sebagai Editor buku “Quo Vadis Transisi Demokrasi Indonesia”, BAKUMSU, 2004. Menjadi kontributor sejumlah buku bunga rampai antara lain “Spiritualitas Pemberdayaan  Rakyat” (KSPPM 2003), “Membangun Prakarsa Gerakan Rakyat” (KSPPM 2008), “Perjuangan Perempuan keluar dari Tabir” (YAPIDI 2009), dan “Pluralisme di Ujung Tanduk” (DEMOS 2011). Editor Buku “Kratos Minus Demos, Demokrasi Indonesia Catatan dari Bawah”, yang diterbitkan Yayasan Obor Indonesia dan Perhimpunan BAKUMSU, 2012. Aktif menulis artikel  di surat kabar  nasional seperti KOMPAS, Media Indonesia, Suara Pembaruan, Seputar Indonesia (Sindo), Batak Pos, Inforial  Majalah TEMPO, dan juga di koran lokal seperti, Analisa, Sumut Pos, dan  Medan Bisnis  serta media online lainnya.

Pengalaman kepemiluan diperolehnya saat menjadi Koordinator Himpunan Warga Sadar Media (HORASMA) tahun 2004-2006. Ketika itu bekerjasamaq dengan IFES, HORASMA  membantu KPU Sumut dan KPU Medan dalam program sosialisisasi dan pendidikan pemilih. Setelah mengikuti proses seleksi yang panjang dan ketat, tanggal 22 September 2013, Benget Manahan Silitonga terpilih sebagai anggota KPU Sumut periode 2013-2018. Di KPU Sumut Benget membidangi Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu.

Mobile Phone:  081376284313;

Email; bmsonga@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Font Resize